ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Etrian Odyssey IV



Fumitsu edisi minggu lalu mengungkapkan sebuah kabar menarik, seri teranyar game buatan Atlus bergenre dungeon RPG yaitu Etrian Odyssey dijadwalkan hadir di platform game handheld baru Nintendo, 3DS. Pada bulan Juli mendatang. Meskipun game ini masih lama dirilisnya, tapi sudah mulai banyak info yang mengalir keluar dari markas Nintendo tentang RPG yang satu ini. Sebut saja pilihan difficulty casual-nya yang diperuntukkan bagi gamer-gamer baru - menyediakan dua tingkat kesulitan berbeda, normal dan casual yang dikhususkan bagi para pemula. Tingkat kesulitan bisa diatur sesuai keinginan gamer meski masih ditengah permainan. Jajaran character class-nya juga cukup solid, dengan pilihan untuk bermain sebagai swordsman, medic, fortress, rune master, nightseeker, sniper, dan dancer. Kabarnya, pilihan job di versi final game ini akan lebih banyak lagi. Dan, dari segi tampilan, Etrian Odyssey IV juga tidak akan mengecewakan, antara lain lewat grafik latar yang digarap oleh Nizo Yamamoto—salah satu artis di balik film anime legendaris Mononoke Hime. Tapi sekali lagi, masih entah berapa lama kita harus menunggu sebelum Etrian Oddysey keempat ini mulai beredar.

Di Etrian Odyssey IV ini gamer akan menemui dua jenis dungeon. Dungeon pertama adalah dungeon standar seperti yang biasa gamer jelajahi di serial Etrian Odyssey, dan kedua adalah jenis dungeon yang hanya bisa dijelajahi dengan menggunakan balon udara. Atlus juga memberikan dungeon berukuran kecil dengan beragam item berharga di dalamnya, seperti dungeon bernama Garden of the Man-eating Moth.

Sejauh ini sudah tujuh kelas yang dikonfirmasikan hadir untuk EO IV. Pertama adalah Rune Master, ahli dalam menyerang musuh menggunakan serangan elemental. Kedua adalah Medic, sang ahli penyembuh. Ketiga yaitu Sniper, seorang pemanah dan menyerang dengan jitu dari jarak jauh. Keempat adalah Swordman, kelas yang terspesialisasi menggunakan pedang dan memimpin di barisan depan. Kelima ada Fortress, bertindak sebagai penahan serangan musuh menggunakan perisainya yang besar. Keenam adalah Dancer, kelas pendukung yang juga bisa menggunakan pedang. Dan ketujuh adalah Night Seeker, pembunuh yang bersembunyi di balik pekatnya malam.

Publisher: Atlus
Developer: Atlus Co.
Genre: RPG
Release: Juli 2012
Plarform: 3DS