ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Doraemon Diangkat Jadi Warga Kota Kawasaki (Apresiasi 100 Tahun Ultahnya)



Karakter kucing masa depan rekaan Fujiko Fujio ini dikisahkan lahir pada 3 September 2112. Artinya, 3 September 2012 nanti merupakan perayaan 100 tahun sebelum kelahiran Doraemon. Untuk merayakannya, kucing berwarna biru-putih ini akan diangkat menjadi warga Kawasaki, kota tempatnya "dilahirkan' 100 tahun mendatang.

“Doraemon dibuat dan dilahirkan di kota Kawasaki. Artinya, ia selalu menjadi warga kota ini,” jelas walikota Takao Abe pada Kanagawa Shinbun, Selasa (28/8).

Kawasaki menjadi tempat tinggal kreator Doraemon. Di kota yang letaknya dekat dengan Tokyo ini, juga terdapat Museum Doraemon, yang berisi benda-benda ajaib Doraemon, dan semua yang berhubungan dengannya. “Semoga akte kependudukan ini membuat Museum Doraemon semakin dekat dengan banyak orang,” harap Abe.

Dalam akte kependudukan ini juga dituliskan kecintaan Doraemon pada kue dorayaki, dan ketakutannya pada tikus. Doraemon yang komiknya pertama edar pada tahun 1969 ini meraih sukses besar di Jepang dan negara-negara Asia seperti China, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Malaysia, dan Indonesia.



Asal Mula Doraemon



Doraemon adalah sebuah robot kucing yang dibuat pada tanggal 3 September 2112.Produksi massal berbagai macam tipe robot terjadi pada abad ke 22. Di sebuah pabrik yang tidak jauh dari Tokyo, diproduksilah robot-robot kucing. Karena sebuah kecelakaan, Doraemon kurang 1 sekrup dibanding robot kucing lainnya dan menjadi barang kelas dua.Selama proses produksi, kesalahan terjadi pada salah satu robot. Walau Doraemon tidak begitu baik dalam study-nya. Robot ini lalu dikirim ke Akademi Robot untuk dilatih sebagai robot rumah tangga. Dia bisa lulus juga pada akhirnya.Tetapi, tidak semuanya berjalan mulus bagi Doraemon. Doraemon gagal dalam semua ujiannya. Ternyata sama aja sama Nobita ya gan

Dan menjadi pengasuh dari keturunan Nobita.
Akibatnya, Doraemon dilelang dan ditawar oleh sebuah keluarga miskin. Dia harus bekerja sebagai babysitter. Pada suatu hari, ketika Doraemon sedang tidur siang, kupingnya digigit oleh seekor tikus robot.
Pada suatu hari, saat Doraemon sedang asyik tidur siang, sebuah robot tikus menggigit kedua daun telinganya.
(Catatan: Sumber lain mengatakan bahwa robot tikus tersebut merupakan milik Sewashi, cicitnya Nobita). Musibah ini membuat Doraemon sangat sedih dan menangis selama 10 hari.

Air mata membuat warna aslinya yang kuning terang menjadi luntur…
Air matanya menghapus warna tubuhnya… Sehingga jadi biru seperti yang kita tahu sekarang


Hong Kong Memperingati Ultah Doraemon, 100 patung Doraemon di tepi laut


Harbour City - Anda tentu ingat dengan tokoh kartun kucing serba bisa yang jadi sahabat Nobita bukan? Di Harbour City, Hong Kong, sedang ada pameran yang menarik banyak wisatawan. Bayangkan saja, ada 100 patung Doraemon di tepi laut. Lucu!

Beruntung detikTravel bersama rombongan tamu Hong Kong Tourism Board bisa langsung berkunjung ke Harbour City, Kamis (30/8/2012) untuk mendatangi event "100 Years Before the Birth of Doraemon". Di dalam cerita, Doraemon lahir pada tanggal 3 September 2112. Dari situlah tercetus ide untuk membuat event seperti ini.

"Ini dalam rangka merayakan 100 tahun sebelum ulang tahun Doraemon," ucap Promotions & Advertising Manager, Andrew H C Yeung kepada detikTravel.

Acara yang sudah direncanakan sejak tahun lalu ini menarik minat banyak wisatawan. Seperti malam ini, begitu banyak wisatawan yang memenuhi bagian depan pusat perbelanjaan Harbour City, Kowloon. Andrew mengatakan, Doraemon menjadi 'teman kecil' banyak orang, terutama masyarakat di Asia. Tak heran jika event ini selalu kebanjiran pengunjung.

"Setiap weekend, pengunjung bertambah jadi 20 persen," lanjut Andrew.

100 Patung Doraemon yang masing-masing memiliki tinggi sekitar 1 meter ini merepresentasikan Doraemon bersama benda-benda ajaibnya. Mulai dari Pintu Ke Mana Saja hingga baling-baling Bambu ada di sini. Karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan, jarang sekali terlihat patung Doraemon yang kosong. Selalu ada pengunjung yang ingin berfoto bersama.

Dipilihnya 100 'gadget ajaib' ini dengan pertimbangan barang-barang tersebut yang paling dikenal masyarakat, pembaca buku dan penonton film kartun Doraemon. Menurut Andrew, gadget-gatget ini bisa membawa kenangan mereka ke masa kecilnya lagi.

Selain di bagian depan Harbour City, pameran juga diadakan di lobi Hotel Marcopolo yang tepat berada di belakang area pameran 100 patung Doraemon. Di ruangan seluas 30x10 meter ini berisi patung-patung tokoh Doraemon seperti Nobita, Giant, Suneo, Sizuka dan Jaiko.

Di bagian tengah ruangan, ada patung Doraemon dan gadget-gadget andalannya. Pameran dalam ruangan ini juga menarik minat banyak wisatawan sehingga mereka harus bergantian untuk masuk ke sana. Jika melancong ke Hong Kong, Anda bisa langsung mendatangi Harbour City dari 14 Agustus hingga 16 September 2012 dan ramaikan liburan Anda bersama Doraemon.

Foto2 nya gan :