ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Macan Tutul Strawberry



Macan tutul biasanya memiliki bulu kuning kecoklatan dengan tutul berwarna kehitaman. Tapi, baru-baru ini, ditemukan macan tutul di Madikwe Game Reserve, Afrika Selatan, yang punya bintik berwarna merah strawberry.

Sebenarnya, macan tutul strawberry itu sudah sering dijumpai turis. Deon De Villiers, seorang fotografer, kemudian mengirimkan foto macan tutul itu ke Panthera, lembaga konservasi harimau di Amerika Serikat.
Pakar harimau dari Panthera, Luke Hunter, mengatakan bahwa macan tutul strawberry itu sebenarnya adalah macan tutul yang mengalami erythrism. Erythrism didefinisikan sebagai kelainan berupa produksi pigmen merah berlebihan dan produksi pigmen hitam yang minim.

"Ini benar-benar jarang. Saya tidak tahu apakah ada contoh lain yang lebih sesuai pada macan tutul," ungkap Hunter seperti dikutip situs National Geographic, Kamis (12/4/2012).

Menurut Hunter, erythrism jarang ditemukan pada karnivora. Kondisi tersebut biasanya muncul pada musang dan luwak Eurasia.

Meski berbeda dengan macan tutul umumnya, kelainan pigmen pada macan tutul strawberry tak bakal menganggu kehidupan dan kesehatannya. Salah satu contohnya, warna strawberry tetap menawarkan kamuflase sehingga memudahkan mencari mangsa.

Satu bahaya mungkin hanya ketika macan tutul tersebut lepas atau keluar dari Madikwe. Macan akan menjadi makhluk menarik untuk perburuan.