ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Sudut-Sudut China yang Tak Merayakan Imlek

Saat Imlek, biasanya warga China kembali ke kampung halamannya masing-masing untuk merayakan Tahun Baru. Tapi ternyata ada lho, sisi lain negeri China yang tidak merayakan Imlek.

Bagi yang ingin mencari suasana baru di China selain Imlek, simak ulasan berikut ini, seperti dikutip CNN, Sabtu (9/2/2013):


Guangxi Selatan

Guangxi Selatan adalah wilayah pantai yang sangat sepi, karena itu juga sangat indah. Wilayah ini memiliki beberapa pantai terbaik di China, seperti Pantai Beihai atau Tanjung Qinzhou Sanniang. Di kedua pantai ini, Anda dapat dengan mudah melihat lumba-lumba liar. Jika bukan pencinta pantai, Anda bisa berjalan ke kota-kota dekat perbatasan Vietnam, seperti Dongxing dan Pingxiang, yang masyarakatnya memiliki budaya perpaduan Vietnam dan China.


Xinjiang Barat

Di daerah Xinjiang Barat, sepanjang Jalur Sutra, hidup kaum Uyghurs, etnis Muslim berbahasa Turki yang menjadi mayoritas penduduk di wilayah ini. Karena penduduknya Muslim dan menggunakan penanggalan Islam, maka tidak ada perayaan Imlek di daerah ini.

Berkelilinglah ke Sunday Bazaar, sebuah pasar tradisional yang buka setiap hari untuk melihat budaya tradisional Uyghurs. Kunjungi juga Id Kah, masjid terbesar di China yang memiliki luas 16.800 meter persegi di Kashgar. Atau, Anda juga dapat mencoba kebab domba di Hotan, yang merupakan pusat peradaban etnis Uyghurs.


Xishuangbanna, Yunnan Selatan

Xishuangbanna, sebuah wilayah otonomi di selatan Yunnan yang berbatasan dengan Myanmar memiliki vegetasi hutan tebal dan temperatur hangat sepanjang tahun. Suku minoritas Dai, masakan dengan rasa buah tropis, pagoda-pagoda ala Thailand di Xishuangbanna akan membuat Anda ragu apakah Anda masih berada di China. Anda juga dapat menjelajahi bukit dan hutan dekat Mekong dengan menaiki gajah.


Guizhou Barat
Desa Maoi di Guizhou Barat, China (Foto: CNN)
Salah satu wilayah yang belum begitu berkembang di China ini juga merupakan tempat tepat untuk menghindari ramainya perayaan Imlek. Wilayah Guizhou barat didiami etnis Maoi, yang memiliki desa di perbukitannya. Saat berada di Guizhou Barat, Anda akan melihat kecantikan pemandangan alam, seperti air terjun terbesar di China, Air Terjun Huanggoushu yang memiliki tinggi 78 meter. Ada pula Gua Dragon Palaca yang memiliki sungai dengan langit-langit penuh stalaktit. Kedua tempat wisata ini berada di Anshun, 90 kilometer dari Ibu Kota Guizhou, Guiyang.