ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

PS Vita

Akhirnya pihak Sony memilih Nama PlayStation Vita atau PS Vita yang sebelumnya mempunyai Next Generation Portable (NGP) ini. PS Vita adalah konsol genggam yang akan segera dirilis Sony sebagai Generasi penerus PSP. Nama Vita diambil dari bahasa latin yang mempunyai arti Kehidupan. Seberapa "hidup" konsol genggam yang bernama PlayStation Vita ini? Yuk kita Melihat fitur yang ada lebih dalam.


Sony telah memberikan keterangan bahwa PlayStation Vita akan tersedia dalam 2 versi yang berbeda. Yang pertama yaitu PS Vita yang hanya menggunakan fitur WIFI, PS Vita dengan fitur WIFI ini akan dikenakan harga USD 249. Sedangkan versi lainnya yaitu PS Vita dengan koneksi 3G, PS Vita dengan koneksi 3G ini akan dibandrol dengan harga USD 299.

Dengan Panel OLED yang mempunyai besar 5 inch, PS Vita di balut dengan chasing berbahan plastik yang diyakini terasa lebih ringan dari PSP, namun tentunya sedikit lebih berat dari smartphone yang ada pada umumnya.

playstation vita
 Tombol power, select dan start PS Vita ini diberi glossy mengkilap, dan dikombinasikan dengan bahan plastik. Dibandingkan dengan PSP yang ada atau dengan joystick dualshock 3, terlihat penampakan tombol arah lebih kecil namun sudah pasti Sony telah memikirkan kenyamanan saat menggunakannya.

playstation vita front
Di bagian atas dari PlayStation Vita terlihat koneksi mini USB, Tombol transparan L (Left) dan R (Right) terlihat tidak jauh berbeda dengan PSP saat ini, hanya terlihat lebih rounded atau bundar.


playstation vita back
Saat melihat dari belakang, PSVita memiliki tombol layar sentuh (atau bisa dikatakan touch pad), hal ini merupakan nilai plus atau teknologi terbaru tersendiri dibandingkan dengan PSP yang ada saat ini. Beberapa game yang nantinya akan dirilis bisa menggunakan fitur tombol layar sentuh ini.


ps vita front
Untuk urusan grafis, Sudah dipastikan anda mengenal konsol-konsol game yang pernah dirilis oleh Sony, Sony sangat jeli sekali untuk menyangkut urusan grafis. Tidak berbeda dengan PS Vita, PlayStation Vita disebut-sebut akan memiliki grafis dengan kualitas setara dengan PS3. Spesifikasi PS Vita pun tak main-main, konsol genggam yang akan segera rilis inimemiliki prosesor CPU ARM Cortex A9 (core), GPU SGX543MP4+, dan juga motion-sensing system enam arah! wow!.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang menarik dari PlayStation Vita:
  • Tampilan grafis yang disebut-sebut akan mempunyai kualtias setara dengan PS3
  • Dual analog stick pada kanan dan kiri
  • Layar sentuh kapasitif OLED 5 inch (layar utama)
  • Rear-multitouch pad (pada bagian belakang konsol PS Vita)
  • mempunyai Prosesor 4 core, ARM Cortex - A9
  • Mempunyai fitur Wifi, 3G, GPS, Bluetooth
  • Front camera yang dapat digunakan untuk motion sensor pada game tertentu
  • Rear camera yang dapat digunakan sebagai latar belakang game
  • Mempunyai kemampuan untuk melakukan koneksi ke jejaring sosial
  • Game disimpan dalam memori tidak lagi menggunakan UMD seperti PSP


Harga PS Vita di Indonesia?
Kita hanya bisa menebak-nebak berapa harga PlayStation Vita diindonesia. kabarnya PSP Vita dirilis menjadi dua versi.

1. Playstation Vita yang hanya dengan WIFI : $249
2. Playstation Vita dengan 3G & WIFI : $299

Mungkin secara garis besar PS Vita di indonesia harga nya sekitar Rp.2.500.000 hingga Rp.3.500.000 .


PS Vita akan keluar dalam 2 versi yang berbeda
Yup, seperti yang telah saya bahas sebelumnya, PlayStation Vita akan hadir dalam 2 versi yang berbeda, PS Vita yang hanya dengan fitur WIFI, dan PS Vita yang dengan fitur 3G (yang juga dilengkapi dengan fitur WIFI). Ada sedikit (atau bisa dibilang lumayan besar) perpedaan harga dari keduanya, yaitu sekitar $50.

Dengan perbedaan harga $50, dengan kondisi yang ada di Indonesia anda akan memilih versi yang mana? Apabila saya boleh memilih, tentu saya akan lebih memilih yang versi WIFI saja, kenapa? karena sudah jelas, jaringan 3G di Indonesia masih buruk dan belum menjangkau seluruhan daerah.

Di Amerika, Sony bekerjasama dengan provider AT&T. Jika saja di Indonesia Sony bekerjasama dengan salah satu operator (sebut saja telkomsel yang mempunyai jaringan yang paling luas) tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri. Namun tentunya pihak telkomsel sebelumnya harus telah mempersiapkan dengan benar-benar agar koneksi yang dipakai di PS Vita tidak mengalami masalah.


Spesifikasi PS Vita
Pihak Sony telah resmi merilis spesifikasi PS Vita, berikut adalah spesifikasi resinya

CPUARM® Cortex™- A9 core (4 core)
GPUSGX543MP4+
External Dimensions Approx. 182.0 x 18.6 x 83.5mm (width x height x depth)
(tentative, excludes largest projection)
Screen (Touch Screen)5 inches (16:9), 960 x 544, Approx. 16 million colors, OLED
Multi touch screen (capacitive type)
Rear Touch PadMulti touch pad (capacitive type)
CamerasFront camera, Rear camera
SoundBuilt-in stereo speakers
Built-in microphone
SensorsSix-axis motion sensing system (three-axis gyroscope,
three-axis accelerometer), Three-axis electronic compass
LocationBuilt-in GPS
Wi-Fi location service support
Keys / SwitchesPS button
Power button
Directional buttons (Up/Down/Right/Left)
Action buttons (Triangle, Circle, Cross, Square)
Shoulder buttons (Right/Left)
Right stick, Left stick
START button, SELECT button
Volume buttons (+/-)
Wireless CommunicationsMobile network connectivity (3G)
IEEE 802.11b/g/n (n = 1x1)(Wi-Fi)(Infrastructure mode/Ad-hoc mode)
Bluetooth® 2.1+EDR (A2DP/AVRCP/HSP)

 playstation vita



PS Vita menggunakan layar sentuh / touchscreen dan juga touchpad
PS Vita menggunakan fitur Touch Screen dan touchpad yang membuat anda dapat mengkontrol game anda. Touschscreen berada di layar utama didepan, dan touchpad berada di bagian belakang PS Vita



PS Vita mempunyai fitur GPS
Sony mengumumkan bahwa PS Vita mempunyai fitur GPS dan Wifi location



PS Vita game
Judul baru dijadwalkan akan dirilis dari SCE Worldwide Studios yaitu Daze Gravity, Uncharted Golden Abyss, Little Deviants, Hot Shots Golf, Reality Fighter, Hustle Kings, ModNation Racers, Wipeout 2048 dan Super Stardust Delta.




Suasana Peluncuran PS Vita di Jepang
Hari sabtu lalu merupakan tanggal yang penting untuk diingat gamer sedunia. Pasalnya, hari itu merupakan pertama kalinya PS Vita dapat dimainkan oleh gamer! Peluncuran PS Vita di Jepang merupakan event yang berlangsung dengan meriah dan dibanjiri oleh ribuan pembeli yang telah memesannya melalui pre-order. Acara peluncuran resmi PS Vita di Jepang dihadiri oleh petinggi PlayStation, Kaz Hirai dan Andrew House dan dimulai pada pukul 7 pagi waktu setempat.
Tingginya antusias gamer untuk mendapatkan PS Vita pada hari pertama terlihat jelas dari antrian panjang di depan toko yang menjualnya. Beragam garis antrian dan pagar didirikan semenjak malam hari dan setidaknya 1000 orang telah mengantri semenjak pagi buta. Terang saja, membludaknya jumlah pre-order PS Vita membuat Sony menyediakan 700.000 unit PS Vita untuk hari peluncurannya, 200.000 unit lebih banyak dari perkiraan awal. Berikut beberapa foto resmi yang memperlihatkan suasana antrian dan rilis resmi PS Vita di Jepang.