ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Tempat Perayaan Imlek Meriah di Dunia

 Warga keturunan Tionghoa tak hanya berada di China. Sebagai perantau, Anda dapat melihat warga China nyaris dimanapun di seluruh dunia. Karena itulah, perayaan Tahun Baru China tak hanya ramai di kampung halamannya, di sudut-sudut lain di penjuru dunia masih bisa Anda rasakan kemeriahannya.

Kota-kota mana saja di dunia yang ramai perayaan Imleknya? Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari WeekendNotes:


Singapura
Suasana Imlek di Chinatown, Singapura (Foto: goseasia)
Singapura adalah tempat bertemunya etnis-etnis dunia, mulai dari Tionghoa, India, Melayu, Eropa, dan masih banyak lagi. Tak heran, perayaan hari besar suatu etnis menjadi perayaan besar-besaran di negara ini.

Berada di Singapura saat Imlek? Bersiaplah untuk menikmati sajian perayaan Tahun Baru China dengan gaya campuran kontemporer internasional dan tradisional China. Perayaan ini sendiri selalu diikuti oleh seluruh warga kota, tak hanya warga etnis Tionghoa.

Seperti saat Natal, perayaan Imlek turut mengubah warna di Singapura. Jalanan-jalanan kota menjadi bernuansa merah, emas, dan kuning, dengan ornamen simbol hewan yang menjadi tahun tersebut. Pasar-pasar malam pun turut memeriahkan Tahun Baru China di Singapura.

Pusat perayaan Imlek di Singapura tentu saja berada di area Chinatown. Anda dapat melihat pasar malam yang sudah ada di Chinatown, bahkan sejak dua pekan sebelum Imlek. Pasar ini menawarkan makanan, buah-buahan, bunga, dan dekorasi rumah untuk memeriahkan Imlek.

Saat Imlek, Istana Presiden Singapura turut dibuka untuk umum, pada pukul 08.30 hingga 18.00. Biaya masuknya gratis, dan Anda dapat melihat pertunjukan barongsai dalam kediaman resmi Presiden Singapura ini.

Imlek di Singapura juga dirayakan dengan Festival Sungai Hongbao, yang diselenggarakan di Marina Bay dan di depan Esplanade. Festival ini menampilkan makanan khas China dan hiasan-hiasan bertema Imlek dalam ukuran besar.




London
Suasana Imlek di London (Foto: visitlondon)
Dari Olimpiade 2012 lalu hingga Diamond Jubilee Ratu Elizabeth, Anda dapat melihat bahwa orang-orang London tahu caranya berpesta. Sama seperti San Francisco, kota ini juga mengklaim menyelenggarakan pesta Imlek terbesar di dunia di luar Asia.

Parade Imlek di London berpusat di Trafalgar Square, tempat wisata terkenal kota ini. Pesta ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pecinan London dan komunitas China lokal. Diharapkan sekira 250 ribu orang datang ke sini.

Pembukaan pesta Imlek di Trafalgar Square ini akan diisi dengan pertunjukan akrobat, barongsai, kembang api, serta petasan di pagi hingga siang hari. Kemudian, menjelang malam, perayaan Imlek beralih ke Pecinan. Dengan lampion warna-warni dan dekorasi khas Imlek, jalanan ini menjadi lebih meriah.



 San Fransisco
Imlek di San Fransisco (Foto: servingspirit)
Kota San Fransisco di Amerika Serikat mengklaim bahwa perayaan Imlek di sana selama dua pekan adalah yang terbesar di luar Asia. Tak heran, San Fransisco memang memiliki Pecinan terbesar di dunia.

Yang harus dikunjungi saat merayakan Imlek di kota ini adalah Pameran Bunga Imlek. Pameran ini ramai dipenuhi keluarga-keluarga keturunan Tionghoa yang membeli bunga untuk mendekorasi rumahnya. Pameran ini diselenggarakan pada 2 Februari, sepekan sebelum Tahun Baru China.

Kemudian, akan ada juga Festival Marathon Imlek tahunan. Festival Marathon sejauh 5-10 kilometer ini diselenggarakan oleh Pecinan San Fransisco pada 17 Februari 2013.

Yang juga tak boleh dilewatkan adalah Pemilihan Miss Chinatown USA. Ini adalah kontes kecantikan yang mencari perempuan-perempuan keturunan Tionghoa di seluruh Amerika Serikat. Nantinya, pemenang kontes ini akan dikirim menjadi Miss Asia.

Acara utama dari perayaan Imlek di San Fransisco adalah Parade Imlek. Anehnya, parade ini tidak diselenggarakan pada hari Tahun Baru, melainkan pada 23 Februari. Parade ini menampilkan tari barongsai, lion, arak-arakan, dan berbagai pertunjukan budaya.



 Sydney
Suasana Imlek di Sydney (Foto: jollyswagman)
Kota Sydney di Australia sudah dikenal sebagai tempatnya acara-acara seru diadakan, mulai dari perayaan pesta kembang api tahun barunya yang meriah dan juga Hari Ulang Tahun Australia. Tak terkecuali perayaan Tahun Baru China juga lho!

Perayaan Tahun Baru China tahun ini sudah dipenuhi dengan beberapa agenda seru, seperti pasar Asia, demo memasak, tur, pameran, serta acara budaya dan hiburan lainnya. Hebatnya, semua gratis dinikmati semua pengunjung di Sydney!

Dengan lebih dari 80 acara yang bisa dipilih, Sydney sudah pasti adalah kota dengan acara Tahun Baru China terbanyak di Australia. Perayaan Imlek di Sydney akan dimulai pada 8 Februari hingga dua pekan setelah Imlek berlalu.

Pada pekan pertama akan ada pameran, eksibisi dan pasar malam. Kemudian, pada pekan kedua akan ada turnamen perahu naga yang diikuti oleh 3000 pendayung dari seluruh dunia.

Di pertengahan acara-acara ini akan ada Parade Twilight, dimana 3.500 warga dan wisatawan akan menyinari Sydney mulai dari Town Hall hingga ke Chinatown pada 17 Februari. Jalanan kota akan dipenuhi dengan musik, lampion terbang dan juga kembang api.



 Hong Kong
Suasana Imlek di Hong Kong (Foto: caffeinatedtraveller)
Saat Imlek, warga Beijing biasanya pulang kampung ke kotanya masing-masing di penjuru China, membuat kota itu sepi. Mau cari keramaian saat Imlek, maka Hong Kong lah tujuan Anda!

Bagi Hong Kong, Imlek adalah salah satu momen paling penting dalam agendanya setiap tahun. Tahun Baru Imlek yang lebih dikenal sebagai Festival Musim Semi di Hong Kong mengkombinasikan tradisi autentik Kanton, seperti mengunjungi kuil dan pasar bunga serta parade malam dan pesta kembang api.

Festival Musim Semi tergolong besar bagi warga Hong Kong, dan biasanya toko-toko tutup selama tiga hari festival tersebut. Namun, toko-toko dan restoran besar akan tetap buka dan melayani pengunjung, jadi bersiap untuk datang lebih awal karena pasti akan sangat penuh.

Di Hong Kong ada sekira 600 kuil tradisional, namun biasanya yang ramai untuk perayaan Imlek adalah Kuil Wong Tai Sin dan Biara Polin. Saat Imlek di Hong Kong, salah satu yang paling ramai adalah Festival Sumur Permohonan. Dalam festival ini, pengunjung akan pergi ke Lam Tsuen untuk menerbangkan lampion permohonan yang berisi permohonan di tahun yang baru.

Acara terbesar saat Tahun Baru China adalah Parade Malam Tahun Baru yang dilakukan di Tsim Sha Tsui, area tepi sungai di Hong Kong yang terkenal dengan panorama gedung-gedung pencakar langit kota ini. Parade ini akan diramaikan dengan tari barongsai, liong, dan pesta kembang api yang meriah saat malam Tahun Baru.