ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Devil Tower

Menara Iblis
Menara misterius Iblis, yang dikenal sebagai Devils Tower, terletak di Wyoming timur laut di Amerika Serikat. tinggi adalah lebih dari 1.266 ft, yang sebanding dengan ketinggian Empire State Building, yaitu sekitar 1.250 ft tanpa puncak menara tersebut. Batu itu terbentuk sekitar 65 juta tahun yang lalu oleh aktivitas gunung berapi, dan luar biasa berbentuk dalam bentuk pinggul wanita yang merupakan hasil erosi dari batuan lunak sekitarnya sekitar struktur internal yang kuat.

Legenda tentang Devil Tower
Legenda Indian Amerika menceritakan enam gadis lakota (nama suku asli Amerika) yang memetik bunga ketika mereka dikejar oleh beruang. Merasa kasihan dengan mereka, Roh Agung mengangkat tanah di bawah para gadis itu. Beruang besar itu mencoba untuk mendaki batu yg semakin tinggi dan besar , tetapi beruang itu terjatuh dan meninggalkan bekas goresan di sisi batu.
 Tanda diatas menginformasikan pengunjung bahwa ini adalah warisan suku Indian, Amerika.

Berbeda dengan legenda suku asli lainnya di Amerika, yaitu suku Kiowa,suku ini memiliki mitos yang mirip dengan suku Lakota. Menurut Legenda Kiowa, tujuh gadis-gadis kecil pergi keluar untuk bermain dan terlihat oleh beberapa beruang raksasa, beruang raksasa mulai mengejar mereka. Berusaha untuk melepaskan diri dari kejaran beruang, gadis-gadis kecil ini naik ke atas batu dan berdoa kepada Roh Agung untuk menyelamatkan mereka. Mendengar doa-doa mereka, Roh Agung membuat batu bangkit dari tanah menuju Surga sehingga beruang tidak bisa mencapai para gadis itu. Beruang, dalam upaya untuk memanjat batu, meninggalkan bekas cakar yang dalam di sisi batu yang telah menjadi curam untuk didaki.(bekas cakaran beruang bisa dilihat sampai hari ini di sisi Devils Tower.) Ketika gadis-gadis mencapai langit, mereka berubah menjadi konstelasi bintang *Pleiades .

Versi lain mengatakan bahwa dua anak laki-laki dari suku Sioux berjalan jauh dari desa mereka. ketika Mato si beruang raksasa, Mato adalah beruang yang meiliki cakar tajam dan besar, Mato melihat mereka, dan ingin menjadikan mereka sarapan.Beruang hampir memakan mereka tetapi kedua anak itu berdoa kepada Wakan Tanka, Sang Pencipta untuk membantu mereka. Mereka bangkit di atas batu besar, sementara Mato mencoba bangkit dari segala sisi, meninggalkan bekas goresan besar seperti cakarnya. Akhirnya Mato kecewa dan putus asa, ia pergi meninggalkan mereka.

Menurut versi Wooden Leg dari suku Cheyenne Utara. Seorang pria indian tua mengembara melewati Devil’s Tower. Pria tua ini memutuskan untuk tidur di dasar pakaian bulu beruangnya dan menaruh topinya yang terbuat dari kepala kerbau. Di pagi hari ia menemukan bahwa baik dirinya dan topinya telah berada diatas batu besar yang sangat tinngi. Ia diangkat keatas oleh Dewi Kesembuhan. Ia menghabiskan satu hari satu malam di atas batu tanpa makanan atau air. Setelah berdoa sepanjang hari dan kemudian pergi tidur, ia terbangun dan menemukan Dewi Kesembuhan telah membawa dia kembali ke tanah, tetapi meninggalkan topi kepala kerbau miliknya di atas batu .

Topi kepala kerbau ini memberikan arti penting dalam cerita Rakyat Cheyenne Utara. Topi itu adalah benda sakral yang digunakan dalam bidang pengobatan oleh mereka.