ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Tips Mengatasi Stress di Kantor


Tekanan pekerjaan yang cukup berat, tanggungan deadline yang mengikat, dan omelan istri yang siap mendamprat seringkali dirasakan para pekerja. Keluh dan kesah yang tiap hari diemban, lambat laun akan bertumpuk dan menyebabkan stres. Apa lagi banyak juga yang merasa usaha yang sudah dilakukan untuk menyenangkan berbagai pihak berakhir dengan sia-sia. Adakah cara yang ampuh untuk mengatasi hal-hal seperti itu?

Stres yang diderita oleh kebanyakan pekerja sering disangka berasal dari luar dirinya sendiri, padahal stres itu hanyalah beban pikiran yang terlalu berat dan tidak sempat untuk dilepaskan. Stres yang berkepanjangan bisa mengubah orang menjadi satu sosok yang sangat negatif, dan seperti yang diketahui bersama bahwa untuk bisa sukses dan berhasil dibutuhkan suatu sikap mental yang positif. Orang yang sudah stres biasanya akan mudah marah, tidak sabar, selalu mengeluh, dan menganggap semua hal adalah ancaman bagi dirinya. Akhirnya, orang yang telah menderita stres yang berkepanjangan akan berakhir di ruangan 3×3 meter dengan jaket pengekang.

Nah, untuk mengatasi stres itu, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan tetapi berdampak sangat luar biasa bagi diri Anda dan orang lain. Tidak perlu biaya yang mahal dan tenaga yang banyak untuk bisa melepaskan stres dalam diri Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

Beribadah                                 
Tuhan tidak pernah memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umat-Nya. Dekatkan diri Anda pada Tuhan dan berdo’a, karena Tuhan adalah tempat mengadu yang paling baik. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan, maka Anda akan merasa lebih tenang dan tingkat stress Anda bisa berkurang secara bertahap.

Makan coklat
Ya, cara paling simpel dan ampuh untuk mengusir stres adalah dengan mengkonsumsi coklat, karena coklat memiliki kandungan teobromin, fenetilamina, dan anandamida yang memiliki efek fisiologis terhadap tubuh. Menurut para ilmuan, kandungan zat tersebut banyak dihubungkan dengan kadar serotin dalam otak, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah Anda dan bisa membuat Anda merasa lebih rileks. (ini nih yang paling saya suka).

Curahkan isi hati
Segala sesuatu yang mengendap di dalam tubuh memang biasanya memiliki efek negatif. Sebaiknya curahkanlah segala keluh kesah Anda kepada orang yang nyaman menurut Anda, misalnya istri, kekasih, sahabat, atau keluarga Anda. Dengan Anda mencurahkan isi hati dan keluh kesah Anda, maka Anda akan merasa lega karena setidaknya Anda menemukan seseorang untuk berbagi dengan Anda.

Serius tapi santai
Luangkanlah sejenak waktu di kantor untuk bercanda atau melontarkan lelucon agar Anda tidak terlalu stres dan bisa memberi suasana yang ceria di kantor Anda. Namun sebaiknya ketika dibutuhkan keseriusan, maka Anda juga harus serius tapi tetap santai.

Dengarkan musik
Musik memang satu media yang mempunyai banyak manfaat bagi diri Anda. Dengarkan musik favorit Anda dan senandungkanlah dengan ceria agar tingkat stres dalam diri Anda bisa menurun, namun sebaiknya jangan terlalu keras agar tidak mengganggu rekan kerja Anda.

Lakukan meditasi
Salah satu cara paling mudah namun butuh keteguhan hati dalam melakukannya. Meditasi adalah salah satu sarana untuk menenangkan diri dan pikiran Anda dari berbagai tekanan yang ada. Pejamkan mata dan tariklah nafas yang dalam, tata kembali pikiran Anda, tentukan kembali tujuan Anda, dan lakukan meditasi ini selama 15 menit tiap hari selama seminggu dan Anda akan merasa lebih baik.

Berlibur
Cara yang satu ini memang membutuhkan waktu luang yang sangat banyak dan akomodasi yang cukup. Pilih tempat yang tenang, sejuk, dan banyak pepohonan segar yang siap untuk Anda pandangi. Alternatif lain, Anda bisa pergi ke pantai yang cukup sepi, dan teriaklah sekencang-kencangnya. Buanglah segala penat dalam diri Anda dan kalau perlu hingga Anda mengeluarkan air mata.


Metode di atas hanyalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengusir stress yang hinggap di diri Anda. Namun jika Anda memiliki metode lain dan menurut Anda lebih ampuh, Anda bisa menerapkannya sendiri. Semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua.