ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Tips Mencegah Darah Tinggi / Hipertensi

Menghindari Apa Saja Yang Menjadi Pantangan Penyakit Darah Tinggi / Hipertensi Supaya Terhindari Dari Darah Tinggi Kronis



Penyakit darah tinggi atau Hipertensi adalah penyakit naiknya tekanan darah yang jauh melebihi normal atau diatas normal yang ditunjukkan oleh angka sistolik (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) atau pun alat digital lainnya. Selain faktor keturunan, penyakit darah tinggi atau hipertensi ini disebabkan oleh kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti menkonsumsi garam yang berlebihan, konsumsi garam yang berlebih dapat memicu penyakit darah tinggi nah untuk anda yang suka kuliner selektiflah dalam memilih makanan. Selain itu, obesitas atau kegemukan juga bisa memicu penyakit tekanan darah tinggi. Farktor lain yang menyebabkan darah tinggi adalah stres atau pikiran yang tegang juga dapat memicu tekanan darah tinggi dan yang paling sering adalah kebiasaan yang kurang bagus seperti merokok minum alkohol istirahat tidak teratur. Gejala yang akan dirasakan adalah sakit kepala, badan menjadi lemah, mual, muntah, nafas menjadi sesak, gelisah, dan pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal. Bagi para penderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, jauhi Pantangan Penyakit Darah Tinggi/ Hipertensi karena akan menyebabkan penyakit darah tinggi anda semakin parah lagi.

Berikut adalah Pantangan penyakit darah tinggi yang harus anda hindari:
  • Mie instan. Mudah untuk membuatnya dan rasanya nikmat. Tetapi sebungkus mie instan mengandung 14 gram lemak dan 1,580 sodium.
  • Margarin. Bagi orang penderita penyakit darah tinggi, mereka harus memastikan bahwa margarin tak mengandung lemak jenuh, bacalah kemasannya guna memastikannya.
  • Susu. Merupakan sumber kalsium, tetapi tinggi lemak. Dalam segelas susu terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh tak baik bagi pengidap liver dan berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.
  • Acar. Makanan ini memang rendah kalori yang baik untuk tubuh, tetapi memiliki kandungan sodium yang tinggi, 1 buah acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimumsodium perhari (2300 mg).
  • Kentang goreng. Meski beberapa restoran menggoreng dengan minyak yang bebas lemak trans, kandungan lemak dan sodiumnya masih tinggi. Penyajian kentang goreng ukuran sedang mengandung 270 mg sodium dan 19 gram lemak.
  • Daging asap . Tiga potong daging asap mengandung 270 mg sodium dan 4.5 gram lemak Daging burung bisa menjadi alternatif ketimbang daging asap.
  • Donat. Cukup sebuah donat sudah bisa menghasilkan 200 kalori dengan 12 gram lemak.
  • Gula. Yang berarti disini adalah makanan dengan kalori ekstra dan gula. contohnya adalah cookies dan coklat batangan. keduanya dapat menyebabkan obesitas. Makanan-makanan ini bisa berpotensi mengidap tekanan darah tinggi. Kelebihan berat badan membuat banyak sumbatan di jantung dan memperlambat kerja darah.
  • Daging merah. Komposisi dari sebuah diet yang menyehatkan harus menyertakan lemak jenuh yang rendah. Bagi orang dengan tekanan darah tinggi hindari daging merah.
  • Alkohol. Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, alkohol juga merusak dinding pembuluh darah.

Berikut adalah beberapa makanan yang sehat bagi penderiat darah tinggi:
  • Bayam. Bayam merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Tidak hanya melindungi Anda dari penyakit jantung, tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah, maka bayam cocok untuk penderita penyakit darah tinggi. Selain itu, kandungan folat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari homosistein yang membuat bahan kimia berbahaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat tinggi asam amino (homosistein) dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
  • Biji bunga matahari. Mungkin Anda lebih mengenalnya dengan sebutan kuaci. Kandungan magnesiumnya sangat tinggi dan biji bunga matahari mengandung pitosterol, yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi merupakan pemicu tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Tapi, pastikan Anda mengonsumsi kuaci segar yang tidak diberi garam.
  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, almond, kacang merah mengandung magnesium dan potasium. Potasium dikenal cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Pisang. Buah ini tidak hanya menawarkan rasa lezat tetapi juga membuat tekanan darah lebih sehat. Pisang mengandung kalium dan serat tinggi yang bermanfaat mencegah penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa satu pisang sehari cukup untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi.
  • Kedelai. Banyak sekali keuntungan mengonsumsi kacang kedelai bagi kesehatan Anda. Salah satunya dalah menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Kandungan isoflavonnya memang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
  • Kentang. Nutrisi dari kentang sering hilang karena cara memasaknya yang tidak sehat. Padahal kandungan mineral, serat dan potasium pada kentang sangat tinggi yang sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah.
  • Cokelat pekat (dark chocolate). Pecinta cokelat pasti akan senang, karena kandungan flavonoid dalam cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan merangsang produksi nitrat oksida. Nitrat oksida membuat sinyal otot-otot sekitar pembuluh darah untuk lebih relaks, dan menyebabkan aliran darah meningkat.
  • Avokad. Asam oleat dalam avokad, dapat membantu mengurangi kolesterol. Selain itu, kandungan kalium dan asam folat, sangat penting untuk kesehatan jantung.
Itulah Pantangan Penyakit Darah Tinggi / Hipertnesi dan juga makanan yang sehat bagi penderita penyakit darah tinggi.