ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Tips Liburan Bersama Keluarga

Waktu liburan memang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda bisa mengisinya bersama orang-orang yang terdekat seperti anak, istri bahkan orang tua yang dengan hal-hal yang bisa menyegarkan kembali pikiran Anda saat kembali ke rutinitas kerja. Akan tetapi liburan kadang malah menimbulkan kekesalan dan kekecewaan jika tanpa perencanaan yang matang. Agar Anda tetap bisa menikmati saat-saat liburan Anda, berikut ini ada beberapa tips liburan yang perlu Anda simak dan perhatikan :

1. Tempat Pilihan
Tips liburan pertama adalah tentukan tempat atau lokasi dimana Anda akan menghabiskan liburan Anda jauh-jauh hari sebelumnya. Diskusikan dengan orang-orang yang ingin Anda ajak liburan bersama. Jika Anda akan menghabiskan liburan dengan menginap, maka pesanlah tempat disana kira-kira 2/3 bulan sebelumnya, apalagi jika jatuh pas hari libur nasional atau pas hari libur anak-anak sekolah.
Anda juga perlu mencari tahu tempat-tempat apa saja disekitar tempat menginap Anda nanti, yang juga menarik untuk dikunjungi karena hal tersebut juga merupakan kesempatan Anda untuk mendatanginya.



2. Barang Bawaan
Perhitungkanlah berapa lama Anda akan tinggal ditempat tersebut. Bawalah barang/baju secukupnya yang penting cocok dengan situasi. Jika tujuan liburan Anda didaerah yang dingin, jangan lupa membawa baju hangat atau jaket.
Hindarilah membawa barang/pakaian yang berlebih yang tidak perlu, karena disamping akan merepotkan juga akan memberatkan Anda sendiri. Yang tak kalah pentingnya adalah bawalah peralatan dokumentasi – minimal kamera saku – untuk mengabadikan saat-saat liburan Anda.


3. Moda Transportasi
Dalam melakukan perjalanan liburan, Anda juga harus menentukan moda transportasi apa yang akan Anda pergunakan, apakah lewat udara, darat atau laut. Apakah Anda juga akan memakai kendaraan sendiri atau menyewa mobil. Karena untuk liburan bersama keluarga atau dengan orang-orang yang tercinta pasti akan nyaman apabila menggunakan kendaraan pribadi baik itu kendaraan sendiri atau sewa mobil.
Karena dengan membawa kendaraan sendiri, maka perjalanan lebih menyenangkan, bisa santai melihat-lihat alam sekitar dan kalau bawa barang bawaan ataupun nanti membeli oleh-oleh dalam jumlah yang relatif banyak tidak masalah.



4. Saat Meninggalkan Rumah
Apabila Anda akan meninggalkan rumah dalam beberapa hari, periksalah semua pintu apakah sudah terkunci. Juga semua peralatan elektronik kecuali kulkas dan kompos gas harus dalam keadaan mati.
Khusus untuk dapur, perhatikan apakah ada tercium bau gas atau tidak. Jika ada bau gas, perbaiki dulu posisi regulator tabung gas sebelum meninggalkan rumah atau lebih aman untuk dicabut saja regulatar tersebut dari tabung gas. Sisakan lampu di depan rumah dan ruang tamu/keluarga untuk dibiarkan tetap menyala.



5. Periksa Kamar
Setibanya Anda tiba ditempat/lokasi berlibur Anda, tips liburan berikutnya adalah periksalah baik-baik kamar tempat Anda menginap, terutama bagian kamar mandi. Apakah semua berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak, segera hubungi pihak terkait untuk segera memperbaikinya.



6. Oleh-Oleh
Bawakanlah oleh-oleh untuk sahabat atau kerabat Anda yang tidak ikut berlibur. Usahakan membawa oleh-oleh yang tidak terlalu banyak karena juga akan memberatkan Anda. Apalagi Anda melakukan perjalanan dengan transportasi udara, ada beban maksimal yang harus Anda patuhi atau Anda akan dikenakan biaya lebih.
Hindari juga makanan basah, karena selain akan merepotkan diperjalanan, masa kadaluarsa makanan basah juga lebih cepat dibanding makanan kering.