ketika keadaan mengharuskan Kita untuk menangis, tak usah berpura, menangislah. Tak semua airmata berarti lemah

Tips Alami Lancarkan Pencernaan


Gangguan perut memang bisa terjadi kapan saja. Bahkan pada saat-saat penting, seperti ketika meeting dengan klien, mengerjakan ujian, atau dalam perjalanan ke kantor. Perut mendadak mulas dan melilit pasti membuat kita terganggu, Bagi kebanyakan orang, obat pereda nyeri sering dijadikan senjata andalan untuk mengatasi masalah ini.

Padahal, kebiasan tersebut sangat buruk bagi kesehatan usus kita. “Karena hal ini bisa membuat usus mengalami ketergantungan,” jelas Brent A. Bauer, MD, direktur Complementary and Integrative Medicine Program di Mayo Clinic. Coba lakukan ini :

1. Lakukan peregangan yoga yang bisa merangsang sistem pencernaan.
Duduk di lantai dengan kedua kaki diluruskan. Tekuk lutut kanan, silangkan di atas kaki kiri. Dekatkan ujung kaki kanan ke paha kiri. Lalu, tekuk lutut kiri kea rah dalam dan dekatkan ujung kaki kiri ke pinggul kanan. Tarik napas sambil angkat kedua tangan ke atas. Buang napas dan putar tubuh ke kanan, tangan kanan lurus menopang di belakang, dan siku tangan kiri menahan di lutut kanan. Tahan pose ini selama 1 menit. Ganti arah dan ulangi.

2. Bersahabat dengan gandum.

Kandungan serat arabinoxylans pada gandum terbukti bisa meredakan sembelit 41% lebih cepat ketimbang meminum obat. Jadi, konsumsilah roti gandum utuh.

3. Perbanyak asupan buah dan sayuran.
Bawang bombay, bawang putih, asparagus, dan pisang adalah makanan yang dilengkapi gula alami. Komponen ini bisa menambahkan bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan kita tidak akan terganggu.